Solusi PayPal Indonesia

Sertifikasi SSL Gratis Untuk Form Pembayaran PayPal

in Artikel/PayPal/Tips/Tutorial by

Tentu Anda masih ingat dengan artikel saya sebelumnya bagaimana membuat kostumisasi halaman pembayaran PayPal, Membuat Kostumisasi Halaman Pembayaran PayPal.

Pada tulisan tersebut disinggung masalah penempatan gambar, yang digunakan untuk header, di tempat server yang aman (secure).

Tentu akan timbul pertanyaan, apakah bisa jika tetap diletakkan pada server yang tidak aman?

Jawabannya tentu saja bisa. Namun pada saat pembeli atau konsumen telah sampai pada form pembayaran Anda, maka akan timbul pesan yang kurang lebih maksudnya adalah “Insecure Items On Page”.

Dua kemungkinan yang akan terjadi yaitu:

  • pembeli tetap melanjutkan proses pembayaran, atau
  • pembeli membatalkan proses pembayaran.

Saya bagikan pengalaman pribadi saya =)

Tentu Anda ingat bahwa saya belajar untuk membuat ebook dan menjualnya secara online dengan menggunakan PayPal. Saya membuat halaman pembayaran yang saya sesuaikan dengan produk yang saya jual. Tujuannya adalah agar pembeli tetap tertuju pada tampilan yang hampir sama dari halaman penjualan (salespage), form pembayaran, verifikasi pembelian, dan halaman download.

Nah, pada saat itu saya tidak terlalu peduli dengan masalah penempatan header khusus untuk form pembayaran pada server yang aman.

Pada suatu saat ada email dari salah seorang calon pembeli dan melapor kepada saya tentang adanya pesan “Insecure Items On Page”. Hmmm… kok bisa ya…

Setelah dikaji lebih lanjut, header untuk form pembayaran saya letakkan pada server yang tidak aman (http) beda dengan halaman form pembayaran dari PayPal yang terletak pada server yang aman (https). Jadi, header saya dianggap sebagai item yang tidak aman. Semoga tidak binun 🙂

Jadi, agar header saya tidak dianggap sebagai item yang tidak aman, maka perlu diletakkan pada server yang aman (https). Https dapat diperoleh dengan proses autentifikasi dengan menggunakan sertifikasi SSL.

Jadi, agar header saya tidak dianggap sebagai item yang tidak aman, maka perlu diletakkan pada server yang aman (https).

Secure Sockets Layer (SSL)

Secure Socket Layer (SSL) dan Transport Layer Security (TLS), merupakan kelanjutan dari protokol kriptografi yang menyediakan komunikasi yang aman di Internet. Protokol ini menyediakan authentikasi akhir dan privasi komunikasi di Internet menggunakan cryptography.
[Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Transport_Layer_Security]

Saya tidak akan membahas SSL lebih dalam, silakan buka beberapa refernsi di bawah ini:

Sertifikasi SSL Gratis

Untuk mendapatkan sertifikasi SSL, pada umumnya kita perlu mengeluarkan biaya. Biaya ini besarnya tergantung pada penyedia sertifikasi SSL. Penyedia sertifikasi SSL antara lain GeoTrust dan Comodo.

Nah, ada tawaran menarik dari VPS.net. Hosting ini menyediakan SSL gratis (bukan hanya trial) bagi semua konsumen mereka. SSL ini dapat kita miliki secara gratis selama kita menjadi konsumen mereka. Untuk keterangan lebih lengkap silakan buka: Sertifikasi SSL Gratis dari VPS.net

Sertifikasi SSL dengan harga yang murah

Mungkin akan timbul pertanyaan baru dari Anda, masak hanya untuk mendapatkan SSL gratis malah mengeluarkan biaya USD 20 per bulan (USD 240 per tahun). Yaa sama aja bohong… 🙂

Ya, itu wajar sih. Memang tidak masuk akal jika hanya untuk mendapatkan SSL gratis malah mengeluarkan biaya USD 20 per bulan. Namun gratis di sini menjadi nilai tambah jika Anda memang sedang mencari VPS untuk meletakkan beberapa website Anda. Jadi tidak hanya semata-mata untuk form pembayaran PayPal 🙂

Jika Anda butuh sertifikasi SSL hanya untuk keperluan header form pembayaran PayPal ataupun keperluan ecommerce lainnya, Anda bisa mendapatkan sertifikasi SSL dengan harga yang murah. harga termurah yang ditawarkan adalah USD 9.95 per tahun. Ada beberapa pilihan sertifikasi SSL tergantung pada keperluan dan penggunaannya.

Sertifikasi SSL Murah dari Namecheap

Terima kasih dan semoga bermanfaat 🙂

7 Comments

  1. @bisnis: iya betul. Pada dasarnya memang berbayar…

    @MasterClickCom, Cahyo, dan i3lh4m: terima kasih kembali =)

    @Waesul Qurni: untuk membuka akun yang “LIMITED”, silakan mengirim dokumen yang diminta oleh PayPal. Semoga berhasil 🙂

    Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

Latest from Artikel

Go to Top