PayPal Instant Payment Notification

Mari sejenak berbicara mengenai bisnis dan sedikit bermimpi. Bagaimana jika kita dapat memiliki proses pembayaran yang mudah, instant, dan terbukti berjalan? Bagaimana jika kita dapat menanggapi pemesanan pembeli secara real-time? Bagaiaman jika kita memiliki sistem pengamanan saat menjual barang digital terhadap penjualan? Apakah ketiga hal tadi penting? Kabar baiknya adalah, kita tidak perlu lagi memimpikan hal tersebut. PayPal’s Instant Payment Notification (IPN) dapat melakukan ketiga hal tersebut. Pertanyaan berikutnya adalah, apakah PayPal IPN?

IPN adalah sistem notifikasi pembayaran instant, dirancang untuk membantu selama proses yang berkaitan dengan transaksi antara penjual dan pembeli. Ketika pembayaran dikirim ke penjual, IPN mengirim notifikasi dan konfirmasi secepatnya. Tidak hanya itu, penjual akan menerima laporan status yang memberika informasi ketika transaksi gagal, dibatalkan atau tertunda.

Instant Payment Notification (IPN) is PayPal’s message service that sends a notification when a transaction is affected. Once IPN is integrated, sellers can automate their back office so they don’t have to wait for payments to come in to trigger order fulfillment. [More info: Introducing IPN]

IPN Overview

Salah satu aspek yang menarik dari PayPal IPN adalah pilihan kostumisasi. Kita dapat mengatur response site untuk pemesanan secara real-time, melakukan penjejakan (tracking) konsumen, dan operasi penyelesaian pemesanan secara otomatis. Sistem dapat mengirim kunci akses ke produk kita langsung kepada konsumen untuk diambil, dan semua informasi pemesanan yng dihasilkan disimpan di dalam basis data kita sendiri.

Bayangkan bagaimana mudahnya berbisnis dengan sistem pembayaran seperti ini. PayPal IPN pada dasarnya melakukan 3 proses:

  1. Konsumen melakukan pembayaran atau meminta pengembalian uang (refund), memicu IPN
  2. Notifikasi dikirim dari IPN ke server kita untuk validasi
  3. Server kita memberikan validasi atau menolak validasi kembali ke IPN

Transaksi bisnis kita diselesaikan, dan tanpa harus melakukan apapun selain melakukan pengaturan awal IPN di site kita.

Aktivasi IPN untuk Akun PayPal

Kita dapat mengaktifkan IPN untuk akun PayPal melalui profile akun kita. Secara terpisah, kita dapat mengaktifkan IPN untuk pembayaran tertentu dengan memasukkan notifikasi URL dalam kode pemrograman yang website kita kirim ke PayPal saat orang membayar kepada kita.

Aktivasi IPN Melalui Profile Akun PayPal

Ketika kita mengaktifkan IPN melalui profil akun kita, notifikasi URL yang kita buat tentukan akan digunakan untuk semua IPN kita. Kita dapat mengganti nilai pada transaksi pembayaran tertentu dengan memasukkan notifikasi URL dalam kode pemrograman yang website kita kirim ke PayPal saat orang membayar kepada kita.

Langkah mengaktifkan IPN melalui profil akun PayPal:

  1. Login ke akun premier atau bisnis kita
  2. Klik menu Profile
  3. Pada kolom “Selling Preferences”, tekan tautan “Instant Payment Notification Preferences”
  4. Tekan tomol “Edit”
  5. Pilih checkbox untuk mengaktifkan IPN
  6. Dalam text box “Notification URL”, masukan program URL yang akan menerima dan memproses IPN
  7. Klik tombol “Save”

Aktivasi IPN Dengan Memasukkan URL Notifikasi Dalam Kode Pemrograman

Kita dapat mengaktifkan IPN untuk pembayaran tertentu dengan memasukkan notifikasi URL dalam kode pemrograman yang website kita kirim ke PayPal saat orang membayar kepada kita. PayPal mengirim hanya IPN yang terkait yang merupakan hasil dari kode tersebut. PayPal mengirimnya ke URL yang kita tentukan dalam kode.

Sebagai contoh, jika kita menerima pembayaran dari website yang berbeda melalui satu akun PayPal, kita dapat memasukkan URL notifikasi yang berbeda dalam kode pemrograman yang memungkinkan tiap website menerima hanya IPN tertentu untuk pembayaran yang dia miliki.

Kenyataannya adalah memasang IPN dapat menjadi pekerjaan yang sulit jika kita tidak terbiasa dengan bagaimana kode pemrograman. Jika kita salah dalam pengaturan PayPal IPN, pembayaran tidak akan kita terima. Namun bukan berarti kita harus takut bukan? Selamat mencoba dan semoga berhasil.

About Supriyadi Widodo

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>