Membuat Form Pembayaran dengan PayPal

Anda dapat membuat form pembayaran untuk menerima pembayaran dengan kartu kredit.

Form pembayaran dengan kartu kredit dapat Anda gunakan untuk berbagai keperluan sesuai dengan keperluan, baik pembayaran untuk barang atau jasa.

Form pembayaran juga akan memberikan kesan bahwa Anda adalah seorang yang profesional dan serius dalam berbisnis. Anda bisa menggunakan fitur “Send Money”, namun menurut hemat saya, penggunaan tersebut kurang tepat =)

Beberapa contoh penggunaannya antara lain:

  • menjual buku melalui blog,
  • menjual slot iklan di web atau blog,
  • menjual jasa sebagai webmaster,
  • menjual pernak-pernik melalui web,
  • dan masih banyak lagi keperluan lainnya.

Cara Kerja

PayPal mempermudah proses pembayaran secara online dengan fitur tombol “Buy-It-Now”. Pada dasarnya ketika Anda melihatnya, tombol ini hanyalah tombol kirim pada formulir HTML dengan isian yang tersembunyi. Anda juga bisa menentukan harga dan jumlah barang, tapi pada contoh berikut kita ingin agar konsumen dapat mengisi untuk apa mereka bayar (misalnya nomor invoice) dan juga berapa besar harga yang harus mereka bayarkan.

Langkah 1 – Membuat Halaman Konfirmasi Pembayaran

Pertama-tama Anda perlu membuat sebuah halaman yang akan dibuka ketika pengunjung telah selesai melakukan pembayaran. Misalkan saja http://domain.tld/payment-complete. Halaman ini sebaiknya berisi pesan konfirmasi yang sederhana sehingga klien tidak merasa bahwa mereka baru saja mengeluarkan uangnya ke tempat yang salah. Selanjutnya Anda perlu meletakkan halaman ini pada web Anda sehingga dapat diakses melalui internet.

Langkah 2 – Membuat Formulir

Selanjutnya adalah kita membuat formulir. Ketika Anda membuat formulir ini Anda menggunakan pembuat formulir tombol Buy-It-Now pada PayPal dan melakukan modifikasi sesuai dengan keperluan, namun Anda dapat menggunakan kode di bawah ini dan mengubah.

<form action="https://www.paypal.com/cgi-bin/webscr" 
method="post" id="payPalForm">
<input type="hidden" name="item_number" 
value="01 - General Payment to IndonesiaPal.com">
<input type="hidden" name="cmd" 
value="_xclick">
<input type="hidden" name="no_note" 
value="1">
<input type="hidden" name="business" 
value="paypal@indonesiapal.com">
<input type="hidden" name="currency_code" 
value="USD">
<input type="hidden" name="return" 
value="http://indonesiapal.com/payment-complete/">
Item Details:<br /><input name="item_name" 
type="text" id="item_name"  size="45">
<br /><br />
Amount: <br /><input name="amount" 
type="text" id="amount" size="45">
<br /><br />
<input type="submit" name="Submit" 
value="Submit">
</form>

Bagian yang perlu dimodifikasi adalah sebagai berikut:

Item Number

Isian business adalah pada bagian berikut:

<input type="hidden" name="item_number" 
value="01 - General Payment to IndonesiaPal.com">

Nilai yang Anda tempatkan di sini akan terlihat ketika pengguna menuju PayPal dan menekan panah ke bawah untuk mengetahui detail pemesanan mereka. Contoh lain yang bisa digunakan antara lain:

  • “02 – Pembayaran E-book”
  • “03 – Pembayaran 1 bulan iklan di IndonesiaPal.com”
  • “04 – Pembayaran theme WordPress”
  • dan masih banyak lagi

Business

Isian business adalah pada bagian berikut:

<input type="hidden" name="business" 
value="paypal@indonesiapal.com">

Ini adalah bagian terpenting dari isian untuk dimodifikasi karena inilah yang menentukan kemana pengguna akan membayarkan uang mereka. Anda dapat mengisi dengan alamat email PayPal Anda.

Currency Code

Pada contoh formulir di atas adalah menggunakan mata uang USD. Anda dapat mengganti dengan mata uang lain yang telah didukung oleh PayPal.

Return URL

URL kembali (atau halaman konfirmasi pembayaran) adalah pada bagian ini:

<input type="hidden" name="return" 
value="http://indonesiapal.com/payment-complete/">

Silakan ganti dengan alamat URL yang telah Anda buat pada Langkah 1.

Item Name

Isian nama item adalah bagian yang menjelaskan uantuk apa pengguna membayar, baik barang maupun jasa. Isian ini akan muncul di PayPal ketika Anda melakukan pemesanan.

Amount

Isian ini merupakan berapa jumlah uang yang harus dibayarkan oleh pengguna kepada Anda, untuk barang atau jasa.

Langkah 3 – Coba Yuk!

Berikut ini adalah contoh formulir yang baru saja saya buat. Anda dapat mengisi isian berikut dan mengecek bagaimana hasilnya di PayPal, bahkan Anda bisa melakukan donasi uang jika Anda berkenan ;)

Item Details:

Amount:

Selamat mencoba dan semoga berhasil!

About Supriyadi Widodo

31 Responses to “Membuat Form Pembayaran dengan PayPal”

  1. oom, aku mo bikin tombol donasi,tapi almat email paypalnya ga tampil di halaman donasi.gimana ya, bisa ga ya .bisa ga pakai email adress yg lain, jadi engga pakai email yg asli buat log in ke paypall..
    makasih banyak omm,

    Reply
  2. oom, aku mo bikin tombol donasi,tapi almat email paypalnya ga tampil di halaman donasi.gimana ya, bisa ga ya .bisa ga pakai email adress yg lain, jadi engga pakai email yg asli buat log in ke paypall..
    makasih banyak omm,

    Reply
  3. Supriyadi Widodo

    Belajar Blog: Sama-sama

    yara: Bisa menggunakan alamat email lain yang sudah terdaftar dan terkonfirmasi di akun PayPal kita. Ini adalah salah satu cara agar orang tidak tahu email yang kita gunakan untuk login ke PayPal :)

    Reply
  4. Belajar Blog: Sama-sama

    yara: Bisa menggunakan alamat email lain yang sudah terdaftar dan terkonfirmasi di akun PayPal kita. Ini adalah salah satu cara agar orang tidak tahu email yang kita gunakan untuk login ke PayPal :)

    Reply
  5. maksutnya, khan paypal ada khusus akun yg pro, buat orang yang mau ngunain fasilitas nya lebih, dengan biaya $30/ bulan!!

    Reply
  6. maksutnya, khan paypal ada khusus akun yg pro, buat orang yang mau ngunain fasilitas nya lebih, dengan biaya $30/ bulan!!

    Reply
  7. Luar biasa mas, saya senag sekali dengan tutorialnya, oh ya bagaimana caranya agar paypal qita verified dan bagaimana caa withdraw dengan memakai bank lokal.

    Terima kasih

    Reply
  8. Luar biasa mas, saya senag sekali dengan tutorialnya, oh ya bagaimana caranya agar paypal qita verified dan bagaimana caa withdraw dengan memakai bank lokal.

    Terima kasih

    Reply
  9. makasih tutorialnya. Saya mau tanya, bagaimana cara website tersebut menerima konfirmasi dari paypal bahwa pembayaran telah diterima maupun pending atau failed ?

    Reply
  10. makasih tutorialnya. Saya mau tanya, bagaimana cara website tersebut menerima konfirmasi dari paypal bahwa pembayaran telah diterima maupun pending atau failed ?

    Reply
  11. Supriyadi Widodo

    @ezaa: Saat ini blom cba gunain yang pro bro. Mungkin lain kali ;)

    @Dewi Purwanti: Silakan lihat di artikel-artikel saya yang lain di sini :)

    @Harun Azis Free Drink Recipes: Ada di artikel: http://www.indonesiapal.com/2008/09/menambah-dana-ke-akun-paypal

    @eiri: Waktu membuat tombol ini, ada isian jika payment berhasil dan gagal. Keduanya diberikan URL yang berbeda. Coba cek deh =)

    Makasih

    Reply
  12. Solihudienu

    dear.mas supriyadi widodo. saya ingin bertanya..apakah blog payboxme. dapat mebayar kita bila kita melakukan survey? bagai mana klo saya blom punya rekening bang lokal dan akan membuat akun pay pal..yg menjadi ganjalan dihati saya adalah, tak ada rekening bank sa ma sekali, dan pekerjaan saya.blom a da hasilyg maximal.malah minus..saya mohopencerahanya.trimakasih

    Reply
  13. Wahyu Widodo

    Makasih banget, sudah sharing ilmu yang bermanfaat. mudah mudahan bermanfaat..

    Reply

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>