Belanja Online: PayPal atau Kartu Kredit?

Kartu kredit memiliki kaitan yang erat dengan PayPal. Kartu kredit digunakan untuk proses verifikasi PayPal. Setelah itu kartu kredit digunakan sebagai sumber dana untuk proses pengiriman uang atau pembelian dengan menggunakan PayPal. Ini dilakukan jika tidak tersedia dana (saldo) yang cukup pada akun PayPal.

PayPal tidak memiliki fitur tambah dana. Walaupun kita bisa melakukan tarik tunai (withdraw) ke bank lokal Indonesia, namun kita tidak bisa mengisi saldo PayPal dari bank lokal Indonesia. PayPal akan mendebet kartu kredit yang telah ditambahkan ke akun untuk proses pengiriman uang atau pembelian dengan menggunakan PayPal. Dengan demikian timbul pertanyaan, lantas apa gunakan PayPal jika tetap menggunakan kartu kredit untuk proses pengiriman uang atau pembelian barang secara online?

Kenyamanan saat berbelanja secara online merupakan pertimbangan yang penting oleh pihak pembeli. Berbelanja secara online di Internet mengharuskan kita untuk mengirimkan informasi keuangan yang sensitif yang mana dapat dicuri dan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan untuk menggunakan PayPal atau kartu kredit saat berbelanja secara online.

PayPal

Melindungi informasi kartu kredit. Salah satu keunggulan berbelanja dengan PayPal adalah kita tidak perlu memberikan informasi kartu kredit ke pihak penjual. Kita cukup masuk ke akun PayPal, pilih menu bayar, selesai. Informasi kartu kredit hanya kita berikan pada pihak PayPal. Hal ini merupakan salah satu cara untuk melindungi kartu kredit kita saat berbelanja secara online.

Kartu Kredit

Beberapa ahli keuangan menyarankan untuk menggunakan kartu kredit untuk berbelanja secara online. Pemilik kartu kredit diberi hak untuk melakukan protes atau klaim jika terjadi transaksi yang tidak sah. Beberapa kartu kredit memiliki fitur kartu kredit virtual. Kartu kredit virtual dibuat untuk melakukan transaksi secara online tanpa memberikan informasi kartu kredit yang sebenarnya.

Perlindungan Sendiri

Tidak ada sistem yang sempurna. Kita harus bisa melakukan langkah antisipasi untuk melindungi kartu kredit kita, baik digunakan secara langsung ke pihak penjual atau dengan PayPal. Untuk bahasan ini akan saya bicarakan di lain kesempatan.

Pendapat Pribadi Penulis

Bagaimana dengan saya? Untuk berbelanja secara online saya memilih menggunakan PayPal. Salah satu alasannya adalah keamanan. Ya, walaupun tidak bisa dikatakan 100% aman, namun saya tidak ingin membagikan informasi kartu kredit saya ke banyak penjual jasa atau barang di Internet. Bagaimana dengan Anda? Silakan tulisan pendapat Anda melalui komentar di bawah ini.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

About Supriyadi Widodo
Supriyadi Slamet Widodo, pendiri IndonesiaPal, adalah seorang full-timer Web Developer dan Internet Marketer. Supri memiliki kemampuan di bidang PHP, XHTML, CSS, WordPress, PayPal, dan Internet Marketing dengan pengalaman lebih dari 6 tahun. Supri tinggal dengan istri tercinta dan bekerja secara mandiri di kota Malang, Jawa Timur. Supri menyukai kopi, jalan-jalan, dan makan. Jangan segan menghubungi Supri karena dia sangat senang mendengar sesuatu dari Anda.

12 Responses to “Belanja Online: PayPal atau Kartu Kredit?”

  1. makasih pak atas ..sharenya….
    cuma terkadang paypal untuk ukuran newbie seperti saya menjadi suatu pelajaran juga… akun paypal saya terkena limitted..meskipun kita tidak melakukan transaksi apa apa… saya baca tentang cara cara dan artikel tentang paypal yang diberikan..memang begitu jelas.
    sebenarnya ada ada kiat khusus tentang paypal ini pak ….?

    Reply
  2. Sy sangat sependapat dengan mas Supriyadi, lebih senang menggunakan paypal untuk belanja online di luar negeri dibanding menggunakan kartu kredit.

    Reply
  3. Klo Dana Paypal Diambil Dari Kartu Kredit, Apakah Ntar Bayar KKnya Nggak Ada Biaya Tanbahan Om..? Atau Bayarnya Sesuai Ama $ Yang Di Keluarkan.. Share Untuk Masalah Biayanya ya Om…

    Btw, Nice Artikel…

    Reply
    • Dalijo

      Sama, yg di debet di kartu kredit, sesuai pembelian / pembayaran. Paypal tidak narik “uang preman”. tp kalau pakai VCC (kartu kredit virtual), ada uang “palaknya” pertama kali aplikasi & setiap isi dana

      Reply
  4. Kalo saya seingkali beli sama temen atau beberapa penyedia paypal, LR atau AP. Banyak lho yg jual paypal dengan rupiah kita, tinggal nego harga kursnys,

    Reply
  5. paypal sekarang lebih rumit,suka limit akun yg ujung2nya appeal denied padahal data yg diberikan data asli :(

    Reply
  6. Kartu kredit nggak punya, bikin akun Paypal tapi nggak ada dananya (nggak tau cara ngisinya), he..he..

    Reply

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>